Rencana Hidup Awal Kemakmuran

Semboyan hidup yang manteb orang tu muda seneng-seneng, tua kaya raya, mati masuk surga. Sayangnya impian itu ga segampang yang diomongin, yang ada kebanyakan muda foya-foya, tua ga punya duit, mati banyakan dosa daripada amal. Nah kalo urusan akhirat kan belakangan, yang jadi masalah tuh pas dah tua ga punya duit. Amit-amit kan kalo ampe kejadian? Nah ada ga sieh sebenernya cara biar bisa bikin seneng-seneng seumur hidup?

Kata pepatah sieh, banyak jalan menuju Roma, banyak jalan juga buat jadi orang kaya. Mulai dari yang logis ampe yang mistis ada jalannya. Kalo mo logis mulai dari dagang atau kerja, korupsi, ngerampok atau ampe yang mistis pake pesugihan atau jadi babi ngepet sekalian. Sebenernya sieh semua bisa jadi mudah asal dah direncanain dari awal, ga perlu kaya raya, cukup pas-pasan. Pas pengen beli mobil ada duit, pas pengen liburan juga ada duit. Asik kan hidup pas-pasan? Nah caranya gimana bos? Gampang koq, sebenernya semua butuh perencanaan. Kalo kata orang mah perencanaan awal dari keberhasilan. Nah ini nieh ada beberapa pertanyaan yang wajib dijawab klo mo hidup makmur

1. Berapa umur Anda saat ini?

2. Kapan rencana Anda untuk menikah dan mempunyai anak?

3. Berapa pertumbuhan penghasilan tetap Anda setiap tahun?

4. Kapan Anda akan mulai menikmati hasil kerja Anda?

5. Apakah Anda termasuk orang yang berani mengambil risiko atau menghindari risiko?

6. Berapa lama Anda akan berencana hidup?

Setelah Anda menjawab pertanyaan tersebut, Anda dapat menentukan rencana pengeluaran tetapi perlu diingat bahwa musuh utama dalam hidup adalah inflasi. Jadi kalau bisa kita punya penghasilan yang melebihi laju inflasi biar standar hidup tetep sama. Nah masalahnya kadang penghasilan orang tuh tetap, jadi yah harus bisa berhemat, dalam arti mampu mengelola pendapatan sebaik mungkin. Komposisi yang ideal dalam penggunaan penghasilan seperti ini :

Konsumsi 60 – 70 persen

Tabungan 15 – 20 persen

Investasi 15 – 20 persen

Nah khusus buat tabungan usahain minimal tuh cukup bwat 6 bulan konsumsi, misal tiap bulan jajan abis 1 jt jadi tabungan paling ga ada 6 jtan. Trus dalam konsumsi juga pake prioritas. Jangan mentang-mentang pacar beli hape baru kita jadi gengsi trus maksain kredit hape. Urutan prioritas tuh sebaiknya seperti ini:

1. Makan

2. Rumah (tempat tinggal)

3. Transportasi

4. Pendidikan Anak

5. Kesehatan

6. Hiburan

Nah buat makan yang penting empat sehat lima sempurna, ga perlu mewah yang penting sehat. Buat apa kaya tapi rajin operasi? Ya ga? Trus rumah nieh wajib punya, yang penting nyaman dan sehat bwat dihuni. Kalo ga punya duit buat beli kas, bisa tuh nyicil sesuai kemampuan. Jangan sampai utang itu jadi beban dalam hidup, kalo bisa dipilih yang bunga tetap, jadi bisa diitung beban kita kedepannya.

Trus untuk pendidikan anak (calon anak), saat ini telah banyak tabungan investasi pendidikan, jadi dengan menyisihkan penghasilan setiap bulan pendidikan anak Anda telah terjamin, hal ini perlu diantisipasi karena kebutuhan akan biaya pendidikan semakin tinggi. Hal berikutnya yang perlu menjadi perhatian adalah investasi, yaitu kegiatan diharapkan dapat memberikan penghasilan tambahan (cash flow) dan memberikan keuntungan (capital gain). Nah investasi ini banyak jalannya… Baca ya di Cara Investasi yang Baik…

2 Responses to “Rencana Hidup Awal Kemakmuran”

  1. wawan Says:

    Thanks om Choky atas pencerahannya ttg pasar modal…

  2. Alam Says:

    Thanks om Choky atas shring ilmunya nya..semoga om Choky..sehat ‘n makmur selalu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: