Analisis,pengambilan keputusan.

Pengambilan Keputusan dengan Analisa Teknikal

Secara garis besar, jika sebuah saham tengah mengalami trend bearish, maka pergerakan harga yang terjadi akan lebih sering menyentuh batasan support, Sebaliknya, jika sebuah saham tengah mengalami trend naik, maka pergerakan harganya akan lebih sering meneyentuh batas resisten-nya. Dan teknik pengambilan keputusan pun bermacam-macam, bisa menggunakan pola-pola teknikal klasik ataupun teknikal modern yang menggunakan indicator-indikator tertentu yang menghasilkan sinyal-sinyal beli maupun jual, dan masing-masing investor berbeda-beda asumsi dalam membuat pola-pola teknikal klasik serta penggunaan indicator-indikator yang diterapkan masing-masing investor berbeda-beda. Terkadang pergerakan harga saham bias saja “liar” dan tidak dpt diprediksi. Hal ini bisa saja tercipta akibat euphoria pasar yang bias dipicu oleh banyak hal. Tidak menutup kemungkinan, sebuah metode analisa memang tidak cocok untuk diterapkan pada suatu saham. Jika telah melakukan berbagai macam variasi periode yang memungkinkan, namun masih belum puas akan false signal yang tersisa, mungkin saja metode analisa yang digunakan tidak cocok untuk diterapkan pada saham tersebut.

Pengambilan Keputusan dengan Analisis Fundamental

Berikut beberapa alternatif pengambilan keputusan setelah melakukan analisis fundamental :

1. Jika pasar saham lebih kecil dari nilainya, maka saham tersebut harus dibeli dan ditahan sementara (buy and hold) dengan tujuan untuk memperoleh capital gain jika kemudian harganya kembali naik.

2. Jika pasar saham sama dengan nilainya, maka saham tersebut dalam kondisi keseimbangan, sehingga jangan melakukan transaksi dalam kondisi ini, karena tidak ada keuntungan yang diperoleh dari transaksi.

3. Jika harga pasar saham lebih besar dari nilainya, maka saham tersebut harus dijual untuk menghindari kerugian. Karena tentu harganya kemudian dapat dipastikan akan mengalami penurunan untuk menyesuaikan dengan nilainya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: